Mengeluh


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.....
Semoga kabar baik semua yaa:)
Jadi, cuma pengen cerita atau beropini dikit aja tentang judul blog ini, "Mengeluh"
Bisa dipastikan setiap orang bernyawa di planet bumi ini pernah mengeluh. Apa sih ngeluh? Kenapa kita bisa ngeluh? Gimana hayo?
Karena ini bukan makalah, jd pengertian mengeluh ga harus berdasar pendapat para ahli juga kan wkwkwk😂. Jadiii menurutku mengeluh adalah sesuatu yang diungkapkan seseorang pada  keadaan dimana orang tersebut udah merasa capek, lelah, bosan sama aktivitas yang lagi dilakukan. Dan gimana proses orang bisa ngeluh? Orang bisa ngeluh karena udah putus asa sama keadaan. Jadi mereka pengen mengungkapkan keputus-asa-an, kecapeannya lewat beberapa media. Bisa 'nggremeng dewe' (nggremeng ki opo ya Indonesia ne WKWKW), curhat ke temen, curhat di sosmed yang lebih parah. 
Kenapa gitu curhatnya ke media sosial? Kenapa harus diumbar? Apa gitu efeknya kalo orang tau? Orang itu bakalan ngapain ke kamu? Ga jauh dari kepo atau malah jadi bahan omongan loh:') ibaratnya kenapa punya aib kok diumbar. Wallahi gaada maksud menyindir atau apa ya, aku juga pernah ngeluh di sosmed, tapi kalo tau itu salah kenapa harus diterusin, kenapa ga diubah jadi menyebarkan hal yang positif gitu? Hehe. Mengumbar sunnah Rasulullah saw, mengumbar sifat-sifat manisnya para ahli surga Siti Khadijah binti Khuwailid, Siti Aisyah binti Abu Bakar r.a, Sayyidina Fatimah Az-zahra, dll  kan lebih adem, insyaAllah dapet pahala lagi;) 
Next, dengan ngeluh apa sih yang akan kita dapet? Bisa jadi mungkin ngeluarin atau mengungkapkan sedikit capeknya, tapi apakah dengan mengeluh keadaan bakal berubah? Itu loh point-nya. Apakah dengan ngeluh tugas2 sekolah/kampus kita bakal selesai gitu aja? Kan engga. Mengeluh ga merubah apa2, yang ada malah kerjaannya ngeluh mulu terus tugas awalnya malah ga selesai-selesai hmm.
Gampangnya gini, Allah gapernah salah menempatkan hamba-Nya pada posisi yang gimana, pada posisi apa. Jadi dengan amanah yang kalian genggam tadi, coba diresapi dulu maknanya, coba dinikmatin momennya, kalo ga ngerasain susah gabakal gerak kita, ntar jadinya males2an, ntar gatau serunya berjuang;). Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan kan.
Jadi, mulai sekarang coba mengeluhnya dikurangi ya sahabat2 kuu, coba diganti curhatnya jangan ke manusia lagi, naik level deh curhatnya  ke Allah ceritain semua keluh kesahnya. Pas lagi curhat sama Allah, lagi sujud gitu coba dirasain, bayangin Allah lagi peluk kita:'') bayangin Allah selalu ada buat kita, (hwaaa pengen nangis nulisnya). Allah suka kalo ada hamba-Nya yang curhat, yang minta rahmat dan petunjuk ke Allah gitu Allah suka banget, nunggu-nungguin curhatnya kalian malah.  Semakin banyak kita curhat ke Allah, semakin banyak kita berdoa sama yang Maha Memiliki Segala isi langit dan bumi, apa sih yang gabisa dikasih Allah ke kita? Cuma buat selesaiin masalah mah gampang kata Allah, tapi disitu ada proses, dimana dengan proses tersebut Allah tuh pengen naikin derajat kita, Allah pengen ketemu kita di Surga Firdaus-Nya hehe aamiin ya Rabb.
Kesimpulannya, yang kita butuhkan saat menghadapi suatu masalah atau beban adalah tetep istiqomah dalam berusaha dan berdoa. Kalo bahas istiqomah lama lagi nih bab nya:'v . Dalam istiqomah tentunya gabisa dilakukan instan, istiqomah tuh waktunya seumur hidup. Kadang mood naik turun kan ya jadi agak suka 'geser' imannya hehe. Kuncinya SABAR, hadapi dengan IKHLAS dan PERCAYA bahwa Allah akan bantu. Allah kan sayang hamba-Nya, kita aja yang sering lupa:'(
Naaahhh, mulai dari sekarang coba dirubah ya mindset nya, sambil belajar dan berbenah diri barengan
Okkaayyy!! Mungkin segitu aja ya yang bisa aku sampaikan di lembaran sini, akhirnya ketulis juga disela-sela tagihan tugas dan presentasi wkwk (bukan lagi ngeluh lo, bukan:b WKWKWK). 

Jangan lupa selalu jaga sholawat dan istighfarnya^^ <3 font="">


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam

black converse

Dua Tahun