Tips Sukses Jadi Mahasiswa Karena Zenius #BelajarBerkelanjutan




Assalamualaikum Wr. Wb

Salam sejahtera, wei de dong tian, om swastiastu, namo buddhaya bagi kita semua…:)




Halo! Salam Pendidikan!
Berhubung tema lomba blog ZENIUS kali ini adalah #BelajarBerkelanjutan, jadi dirasa aku yang #AlumniZenius ini masih nyambung gitu kalo ikutan lomba blog ini ehe. Kenalin, aku Shalsabiila Alkatiri biasa dipanggil Biila. Dapet jabatan "Maba" di usia 17 tahun, kebetulan angakatan 2017 kemaren wkwk ketebak kan lahiran tahun berapa. Sejarahnya, dulu sih kata mama pas masih umur 4 tahun aku kaya udah nangis pas ngeliatin anak-anak berangkat pagi gitu, pengen cepet sekolah biar banyak temen. Awalnya dulu berangkat ke TK niatnya main-main aja, eh sama Bu Venus (nama guru TK ku wkwk keinget banget karena namanya keren dan gurunya yang cantik xD haha) suruh masuk TK yang jadi murid beneran gitu(?), dibilang mampu ikut kelas, jadi yaaa gitu. Sip. Pernah disuruh manggil temen seangakatan jadi 'mbak/mas' pada masanya karena aku yang paling muda dikelas'-'.

Jadi. Ceritanya. Aku sebenernya udah ketemu ZENIUS waktu les jaman kelas 3 SMA. Jadi di tempat les ku itu latihan soalnya pake soal-soal yang ada lambang kuning khasnya Zenius di pojok atas kiri


Eh dibawahnya kaya ada link zenius aku buka dong,. Eh ladalah! Pembahasan soal berupa video bruh! Ini nih yang dicari selama ini, separuh ragaku baru ketemu di ujung kelas 12 (gangerti pengen ngakak atau sedih:''v). Elah ya Allah, tau ga sih nyesel berat tolong!!. Gapapa deng, alhamdulillah juga masih ada kesempatan belajar sama dia:') (cie ddiaa:v)

Bimbel 24 Jam Bayar Rp. 440.000 Setahun??
Gapake pikir panjang, aku beli nih vouchernya, kaget lagi dong harganya Cuma Rp. 440.000 buat setaun udah dapet ilmu yang unlimited lagi, bayangin nih ya 440rb dibagi 12 bulan dapetnya berapa? 36rb. Dan sebulan ada 30 hari, YAKALI BAYAR SEMUA ILMU ITU CUMA Rp.1.200 AJA PER-HARI NYAAHHH:''VV (emosi nih orang). Dibandingin bimbel yang punya embel-embel janjiin masuk PTN gimana tuh? ada kok temenku yang les mahal banget, nyatanya ga lolos PTN juga. Bukan maksud banding-bandingin atau diskriminasi apa, aku juga murid biasa-biasa aja kok, nilai jangan ditanya, biasa banget malah. Aku cuma berbagi info kalau belajar meskipun ditempat paling mahal juga kalo gaada niat dari hati hasilnya ga bakalan berbanding lurus. (Bukan dia gaada niat juga sih, mungkin istilahnya kaya 'nge-gampangin'/bawa enteng aja gitu). Intinya gini deh, kalo udah bimbel ditempat mahal gitu ya jangan nyantai dulu. Ga ada bimbel yang kerjasama sama Universitas tuh GA ADA!






Try Out Simak UI, What Happened?
Next, setelah belajar sama Zen, kerasa banget tuh feedbacknya. Dari yang jaman kelas 11 iseng-iseng an ngikut TO SIMAK UI 2016 cuma bisa dapet nomer urut 230an dari 400 siswa, di tahun berikutnya aku berbekal ilmu dari Zen dan hasil tryout SIMAK UI 2017 nunjukin nomor urut 54 dari 200+ siswa. Ga seberapa sih emang, cuma rada ada rasa bangga gitu (cielah) mayan lah ¼ wkwk maksa.

What About My National Exam?
            Nih aku kasih tau, jaman kelas 12 adalah jaman pusing-pusingnya pilih jurusan yang tepat dong, tentunya sesuai minat dan bakat. Buat kalian yang lagi bingung tentang jurusan-jurusan kuliah dan apa aja materinya, coba klik blog nya Zen disini. Dulu pas deket-deket UN gitu aku sedikit banget belajar buat UN, ga peduli gitu biasa aja. Aku menekankan belajar SBMPTN malah. Karena ga kepikiran sama sekali bakal kena SNMPTN, belajar sampe mabuk cuy! Wkwk. Melek banget belajar dari jam 7 sore sampe jam 1-2 pagi mantengin video nya ZENIUS doang demi dapet PTN. Eh ga peduli UN aja nilai biologi ku dapet 8.25 coba:v. Pusing ga tuh, belajar bareng Zen emang ga kerasa kalo lagi belajar ccuyyy:((. Tau-tau nilai bagus aja wkwk ntap soul dah kecintaan banget. Hmm proses emang pahit sih, tapi hasilnya kan bisa banggain diri sendiri dan orangtua:)) YAKIN AJA! Ada Allah kok.

Lolos SNMPTN!!
            Yang ketiga nih, Keterima jalur SNMPTN. Sebelumnya aku mau ngomong dulu ke kalian. Penting ya, JANGAN PERNAH ANGGEP SNMPTN ITU ADA! karena apa? karena di jalur SNMPTN itu cuma bonus. Bener-bener cuma bonus. Aku sih anggepnya gitu, something yang ga tentu arahnya gimana mau diharepin? Banyak banget temen aku yang nilainya diatas banget tapi belom keterima jalur ini tuh. Boro-boro temen yang rangking nya tinggi dalam lingkupan kelas, temen pararel IPA nih, ga keterima juga SNMPTN. Aku pernah nonton juga sih salahsatu youtuber gitu, ceritanya dia juga udah sering peringkat pararael tapi ga keterima SNMPTN juga. Jangan tanya kenapa, aku bukan panitia SNMPTN:'). Oiya, Alhamdulillah aku sekarang lagi berjuang di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember:)
Kabar gembiranya, Zen punya banyak strategi nih buat kalian yang 'Ingin memaksimalkan peluang SNMPTN' nya, kali aja jodoh:)) Banyak cerita-cerita menarik juga dari para temen yang lolos SNMPTN 2017 dan tahun lalu. Baca yaa, blog nya nyenengin kok. Pastinya gapake bahasa baku:p. Tentang nasib, tiap orang punya jalannya masing-masing. Udah ketulis di Lauhul Mahfuzh-Nya Allah SWT. Tapi yang namanya berusaha tetep sesuatu yang wajib kan ya, sebener-benernya jalan mau masuk kampus ya tes. SBMPTN dan ujian mandiri lainnya.

Tips Manajemen Waktu & Sukses Belajar Ala Zen
            Lanjut dong, kisah ku bareng Zen ga berhenti sampe SMA. Mueheh gagal mufon ceritanya. Makin masuk kuliah aku makin sadar, kalo kuliah itu berat. Jauh banget dari ekspetasi jaman SMA yang katanya bisa explore jalan kemana-mana. Siklus kuliah tu kaya kelas-makalah-presentasi-rapat. Kalo gabisa manajemen waktu ya berantakan semua. Tipsnya, kadang di sela-sela kumpul rapat, pas nungguin temen-temen lengkap gitu aku baca-baca materi yang ada di powerpoint hp, sambil hafalan dikit. Kadang juga waktu sempit-sempit gitu bisa dipake buat kerjain makalah, nulis-nulis buat isi blog pake ms.word di hp. Aku tipe orangnya kaya gamau banget waktu tuh kebuang sia-sia. Tiap belajar atau tiap lagi ngerjain sesuatu mesti bikin target dan harus banget ditepatin. Misal bikin deadline sendiri kalo konten blog harus selesai maks hari kamis jam 10 malem ya harus on time, itung-itung belajar jujur sama diri sendiri lah. Gasuka sama yang lemot kerja-_-.



            Daaannn, dari hasil kerja yang tepat waktu dan konsisten itu, apa manfaatnya? Kita jadi ga keteteran dan ga kaget kalo mau banyak tugas sekalipun, ujian juga jadi ga belajar pake SKS (Sistem Kebut Semalam). Kuliah gabisa di SKS-in gaes:') kuliah gabisa banget diremehin apalagi masalah IP yang selalu ditanyain sana sini. Bayar UKT mahal, meskipun banyak beasiswa tapi beasiswa juga butuh IP minim 3.0. Gimana cara pertahanin nya? Ya pake cara tadi, konsisten belajar dan ikhlas. Pahami bahwa belajar adalah buat diri kita sendiri, buat bekal kita di masa depan menghadapi semakin canggihnya teknologi yang berkembang. Belajar adalah bukan tentang nilai. Kalo dasar/niatnya kita belajar adalah sebagai nilai, yang ada juga materi ga masuk dan ga tahan lama di otak, baru beberapa hari juga udah ilang hafalannya. Beda kalo belajar konsep dan pemahaman dari akarnya. Sistem belajar ini yang bener-bener diajarin Zen dan bener-bener aku rasain manfaatnya sampe sekarang. Sistem belajar lain yang suka disampein dan ditekankan sama Zen dalam banyak videonya adalah konsep belajar dari Richard Feynman. Kalo kita pengen tau seberapa paham sih kita terhadap materi yang diterima? Kita harus coba jelasin konsep tersebut ke bahasa yang lebih sederhana. Aku inget salah satu tutor sekaligus founder Zen yaitu my favorito Bang Sabda bilang kurang lebih gini "Coba deh abis belajar materi ini, lo coba jelasin ulang materi yang sama. Anggep aja lo adalah tutor Zenius yang lagi ngajarin orang biar paham sampe akarnya". Hmm bener-bener lengket di otak cuy. Emang sih, kalo udah coba 'ngajar' ke diri sendiri gitu akan ketauan mana materi yang emang belum dipahami dan harus diulang.
Apakah perlu aku sebutin IP semester awal? IP semester 1 ku dapetnya 3.4 dengan 9 mata kuliah yang ada. Dengan IP 3.4 tadi bisa dong jadi bekal buat ambil mata kuliah tambahan dari kakak tingkat. Istilahnya mata kuliah yang ada di semester depan bisa diambil sekarang gitu. Hmmm sip ga tuh. Aku punya prinsip yang epic banget buat lancar kerjain ujian: "Jadi mahasiswa itu kalo jawab soal ujian esai jangan singkat-singkat. Dosen tuh orang hebat semua, gamau jawaban singkat, kasih jawaban terbaik dan terlengkap". Hmm ini juga nempel banget sih di otak. Buat yang muslim, kalo ditengah ujian tiba-tiba lupa materi yang udah dihafal kemaren, coba deh baca istighfar dan sholawat nabi sebanyak-banyaknya. Ntar jawaban tiba-tiba muncul di otak woi:') seriusan tips ini jalan banget, sangat boleh dicoba. Abis intropeksi diri tadi, untuk menaklukan semester 2, berbekal pondasi ilmu sekaligus motivasi dari Zen, support sahabat-sahabat seperjuangan dan terutama doa dari orangtua, alhamdulillah banget IP naik jadi 3,6 dengan 10 mata kuliah:')). Terharu sih, ternyata ilmu dari Zen ga cuma manfaat dari anak SD sampe pejuang SBMPTN, tapi juga bisa banget buat mahasiwa. Jadi kangen Zen banget sebagai temen perjuangan kelas 12:"(((

PKM & LKTIN?
Selain ngerjain tugas tepat waktu dan mempertahankan IP, ide-ide random yang muncul di otak harus dikembangin juga dong. Lewat apa? Lewat nulis. Lewat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional)!. Hasilnya? Alhamdulillah dapet semifinal:)) ya meskipun ga seberapa, tapi ngerti gasih aku jadi lebih menghargai diri sendiri banget, perjuangan itu emang ada, dan hasilnya juga kita yang dapetin. Oiya, kerja tim itu penting banget! Kalo cari tim harus yang sama-sama mau berjuang bareng! Cari tim yang mau kerja cepet dan selalu on time. Yaa itu sih prinsipnya. Biasanya sih proposal PKM/LKTIN yang bagus tuh yang anggotanya bervariasi. Bisa ajak kakak tingkat dan fakultas lain buat kolaborasi. Bisa nambah penilaian disananya.
Darimana aku dapet semua motivasi dan semangat berjuang ini? Dari kesayanganku Si Zen . Di Instagram dan blog-blognya Zen tuh banyak kisah perjuangan orang hebat yang dimulai dari nol banget. Contoh kecil, kalo aja om Thomas Alfa Edison capek dan nyerah di percobaan ke 1000, mungkin namanya ga akan tercatat di sejarah fisikawan dunia, atau mungkin dunia belum secanggih sekarang tanpa adanya lampu. Ilmuwan jaman dulu boro-boro dikasih penghargaan karena temuannya, malah kebanyakan dari mereka dihukum mati karena temuannya yang merubah dunia jadi kaya sekarang. Socrates misalnya, beliau adalah salah stau filsuf terbesar Yunani yang merupakan guru dari Plato. Sayangnya ia dipaksa minum racun hingga mati gara-gara pemikiran kritisnya:(. Abad 16, doktrin yang beredar saat itu menyatakan bahwa bumi adalah pusat dari seluruh alam semesta, tapi Giordano Bruno tidak sependapat. Bruno, yang berpendapat bahwa bumi hanyalah sebuah planet yang mengelilingi matahari dihukum dibakar hidup-hidup. Jadi, apa makna yang bisa kita dapet dari beberapa kisah ilmuwan tadi? Fanatisme yang berlebihan menyebabkan kita merasa paling benar dan gamau menerima ide dan gagasan lain. Dari sini, Zen ngajarin banget yang namanya Keep Open Minded dan motivasi untuk saling belajar satu sama lain. Harus bisa menerima pendapat orang lain dengan tetap berpikiran kritis. Pemikiran kaya gini nih yang bener-bener dibutuhin mahasiswa di bangku kuliah.

Sertifikat Konferensi Internasional, Seminar Nasional dan Kepanitiaan

Tuh kan, dengan manajemen waktu yang baik, kita tetep bisa explore banyak kegiatan diluar akademik perkuliahan. Seminar internasional dan nasional misalnya, seminar kaya gini tuh banyak diadakan sama fakultas-fakultas sebelah gitu, biasanya pemberitahuan nya banyak disebar banner di kampus jadi mahasiswa bisa tau dan segera daftar. Dengan dateng ke seminar-seminar akan makin besar peluang kita ketemu orang-orang hebat dan akan dapet banyak pengetahuan dan pengalaman mereka dalam merintis kesuksesan tersebut. Sertifikat seminar nasional ini penting banget buat SKPI pas kita lulus dan dapet gelar sarjana. SKPI adalah Surat Keterangan Pendamping Ijazah yang diurus resmi di akademik masing-masing fakultas dan bisa jadi nilai tambah waktu kalian lagi cari pekerjaan yang pas. Ga cuma sertifikat seminar nasional, jadi panitia di kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) / Ormawa (Organisasi Mahasiswa) yang kalian ikuti juga ngebantu buat nilai tambah banget. Jadi instansi/perusahaan ga akan ragu nerima kalian jadi pegawainya karena udah keliatan di sertifikat itu tingkat rajin/niatnya kalian ikut kegiatan tuh kaya gimana. Makin banyak makin baik juga kan pastinya. 



        Oiya, mau flashback dikit gaes. Jadi dari jaman kelas 10 SMA aku tuh udah pejuang sertifikat banget. Karena minat sama bidang kesehatan dari kecil jadi aku banyak ikut olimpiade kesehatan juga terutama kedokteran. Saking buat menambah wawasan tentang kampus-kampus negeri di Indonesia, biasanya abis olimpiade sambil nunggu pengumuman ada kaya talkshow kecil gitu sharing-sharing dari kakak tingkat gimana caranya dapet PTN dan kuliah di jurusan yang tepat. Ga sia-sia, dari 12-an sertifikat olimpiade ku, 3 sertifikat terbaik bisa dikirim ke SNMPTN dan alhamdulillah lolosđŸ˜…đŸ˜‡



Gimana sih Cara Beli Voucher Zenius?



          Nih ya, Zen ini bisa bayar dimana aja, memudahkan calon member nya banget tau ga sih, jaman sekarang Indomaret udah banyak di pinggir-pinggir jalan hampir tiap kecamatan punya kan ya. Tinggal naik motor sekali nge-gas nyampe tuh wkwk. Apalagi mau transfer, udah ada mobile banking bruh!! kalian beli voucher mau sambil tiduran, mau sambil makan, mau sambil nonton drama tetep bisa daftar. Gaperlu panas-panasan keluar rumah, apalagi pake wesel pos. Jaman penjajahan kali:v





Eits, itu baru voucher nya ya, harus pake kuota data juga sih. Terus gimana dong? mau yang lebih greget? belajar murah banget? Gapake kuota, bisa akses bahkan pas lagi di hutan gitu?:v Apa sih yang ga Zen tau, Zen itu ngerti banget perasaan pelajar yang haus ilmu kaya kita nih, ada CD MULTIMEDIA dan PAKET LENGKAP ZENIUS XPEDIA 2.0.
  


"Kok CD Multimedia sama Zenius X.Pedia 2.0 lebih mahal? apa bedanya sama voucher biasa tadi?"





Buka aja web nya, jangan lupa beli! Dijamin gabakalan nyesel cuy!! Sesuai judul, Zenius.net Udah beneran bikin Genius gila!!! (masih greget sendiri ga nemuin Zen dari dulu:'( (tinggal di galaksi mana sih dulu aku tu sebenernya)



 "Zenius punya itu aja nih? video belajar online aja? misal aku pengen ngerjain soalnya sendiri gimana dong? pengen tau kemampuan diri dulu seberapa, ntar baru liat kunci jawaban. Disamping itu, mata juga kadang perih nih kalo kelamaan pantengin layar gadget. Sekalian gaada motivasi belajar atau apa gitu?"



WWEEHH!!! Zenius punya banyak! Mau contoh soal yang bisa diprint? sini sini. (Pastinya kalian harus log-in dulu ya.)


Zen punya blog juga noh buat yang hobi baca, gratisan kok:p mau blog sub-bab apa? 
             Kalo favorit ku sih bab Zenius Insight. Karena blog disana Science and Social life nya tuh dapet banget. Sesuai visi-misi nya Zen, di tiap blog nya pun mereka bahas sesuatu pake konsep. Berdasar real life banget jadi kita bener-bener paham keadaan nyata nya tuh gimana. Selain diatas blog nya masih banyak banget ga keitung dah. Ga mungkin aku sebutin semua kan ya. Kurang apalagi?  
           Social Media tuh kalo kita condong ke hal positif efeknya juga positif banget, bahkan buat masa depan Indonesia nih kepada orang-orang yang mau berjuang juga buat negara (Eaa). Seriusan nih btw, gausah narkoba-narkobaan! bikin nilai A disekolah aja susah mau sok-sokan narkoba, ngerokok, hamil diluar nikah lagi'-' inget orangtua! Mereka pengen kita sukses! Toh kalo kita sukses yang bangga diri sendiri kan? Jadi lebih dihargain orang, lebih dipandang. Siapa sih yang gamau? Dream will always be a dream if we never wake up and make it a reality. Kalo mimpi terus, kapan action-nya? kapan jadi nyatanya?  


Buat kalian yang bingung antara pake voucher / CD Multimedia / Zenius XPedia 2.0, tadi diatas kan udah aku kasih sedikit gambaran, buat versi lengkapnya kalian baca aja nih udah dijelasin semua sama abang Glenn. Kalo Belajar Pake Zenius, Mending Pake Produk yg Mana?
         
           So far, udah banyak banget kan aku jelasin si Zen, sekarang aku mau rangkum kelebihan Zen dibawah nih biar gampang kebaca sebagai pertimbangan;)
1. Alumnus ITB, UI, UNPAD, bahkan Luar Negeri pada ngumpul di Zenius demi ngajarin kita:') #applause
2. Abang-abang dan teteh-tetehnya nih ga sembarangan. Mereka bener-bener orang yang humble dan nyenengin banget pas ngajar. Ibarat diajarin kakak sendiri gitu luvluv
3. Jangan kaget, mereka ngajarnya pake bahasa yang nyantai banget. Pake "gue-lo". Ga greget darimana coba? belajar sambil main kan jadinya. Tau-tau dapet ilmu gitu:')
4. Suaranya? nagih parah ya Lord!!! berasa pengen belajar mulu:'(
5. Harganya udah aku jelasin banget diatas, yakali Rp.1.200 per-hari kalian bisa sepuasnya denger suara adem para tutor(eea:v), di bimbel lain? mana ada bimbel yang mau dibayar 1.200 rupiah per-hari? 24 jam apalagi:p
6. Ga perlu keluar rumah buat bimbel. Bisa belajar sambil makan depan laptop tuh, bisa belajar sambil ngiris bawang tuh wkwk. Bisa diulang-ulang banget kalo kurang paham.
7. Available like 24/7! Misalnya abis capek sekolah nih ya, pulang jam 4 sore. Tiba-tiba ketiduran dan baru kebangun jam 10 malem padahal besok ada UTS fisika. (yakali ga sholat? dosa woi:v, permisalan aja). Gimana kalo gapunya Zenius? mau nge dobrak rumah guru les jam 10 malem cuma buat ngajarin fisika gitu? mana mau:3. 

Gimana lagi ya nulisnya, Wallahi aku feel blessed banget udah diketemuin sama Zen. Ya mau jelasin apalagi? dia bener-bener ngerti apa yang dibutuhin pelajar. Belajar dadakan tengah malem Zen selalu ada, mau belajar buat UH, UTS, UAS, SBM, UM apapun juga ada:''). Beneran bangga banget pernah belajar bareng sama Zen. Mungkin ada yang nanya:

"Ada kelebihan pasti ada kekurangan dong. Nah kekurangannya Zen apa nih?"

          Udah gausah cari-cari kesalahan orang, inget-inget aja kelebihannya hehe;). Ya ga gitu, tapi Zen emang gaada kurangnya menurut ku, mungkin karena jaringan kadang lemot gitu aja. Itupun bukan kesalahannya Zen:'p (maksa) emang bukan salahnya Zen kok:'v.
Hmm, Kayyy.. Mungkin segitu aja ya yang bisa aku jelasin tentang separuh jiwa ku si Zenius. Sampe ketemu di blog selanjutnya:))






Jangan ketinggalan follow semua medsos nya Zen nih. Banyak ilmu juga kok jangan khawatir:)

Instagram: @zeniuseducation
Google+: Zenius Education
Email: cs@zenius.net






Komentar

Postingan populer dari blog ini

black converse

Dua Tahun

masing-masing