Beban Kuliah

Assalamualaikum wr wb teman-temanku, sahabatku dunia akhirat:))

 Hm. Oke langsung to the point ya.
Jadi, beberapa minggu belakangan aku makin sering dapet chat dari temen. Isinya curhatan:'). Curhatannya macem-macem mulai dari cinta sampe beban kuliah. Wkwk dikira konsultan? kok jadi tempat curhat:'). Tapi kali ini lagi males bahas cinta:p, mari kita bahas beban kuliah. 

 Ternyata bener, kuliah ga se-asik cerita fiksi film. Padahal dulu jaman SMA pengen cepet kuliah biar belajar matkul yang disuka aja, ga seribet SMA belajar semua ilmu eksak, sejarah bahkan sampe bahasa jepang yang absurd:'). Tapi ternyata jauh dari ekspetasi dah wkwkwk. Deadline dadakan, makalah, presentasi, maraton matkul yang dari ruang kuliah 4, ke rk 2 dan 3 tanpa jeda istirahat:'). Malemnya rapat kepanitiaan, rapat pengurus sampe jam 11 malem dan sering ketutup duluan gerbang kosnya, tau-tau dimarahin lagi sama bu kos wkwk ampun dah ya:')). 

 Nah beda orang beda problem kuliah juga kan. Ada yang punya problem di matkul, ada yang belum cocok jurusan, problem keuangan sampe mungkin masalah di keluarganya. Yang kaya gini makin menimbulkan banyak problem atau permasalahan yang numpuk jadi satu, dan hal tersebut merupakan salah satu faktor terjadinya stress. 

Jadi. Yang dicurhatkan beberapa temenku adalah. Beban kuliah.
"Aku kon gae jurnal revisi terus."
"Aku kon resume 10 jurnal internasional, piye aku mumet."
"Bil, translate no ndang iki bener ga?"
"Aku moh dadi sekretaris, beh ojo aku to."
"Sekretaris riwa-riwi tanda tangan, revisi terus."
"Lah, bener kan, aku wes menduga lak bakal kebagian materi iki. Angel, Bil."
"Cek no TOR ku, Bil."
"Bil, sibuk ga? Aku pe cerito."
"Bil, aku homesick, pengen mulih."
"Oalah praktikum ku kebagian golek tikus got."
"Ojo aku sing presentasi, awmu ae."
"Oalah kelompokku ga jalan, aku wes males."
Daannnn beberapa hal seputar kuliahan lainnya:'). 

 Poinnya. Yang pengen aku omongin disini adalah: SUDAH. Sudahin aja semua keluh kesah kalian. Aku minta tolong banget jangan ngeluh lagi:'))). Karena apa? Karena yang punya beban kuliah itu bukan kalian aja. Bukan kamu seorang aja. Masih banyak orang-orang yang beban hidupnya jauh lebih berat dari kita. Kalo dapet tugas kuliah ngeluh, dapet kelompok ga cocok ngeluh, ya mau sampe kapan? Hidup harus tetep berjalan kan, apa yang sudah dimulai harus diselesaikan dengan ikhlas dan bertanggung jawab.

       Coba mulai dari sekarang, mulailah berdamai dengan lelah. Berdamai dengan waktu. Niatkan semua kegiatan kita sehari-hari dilakukan untuk Allah, bukan untuk pujian makhluk. Tinggal gimana kita untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Di perkuliahan, ternyata 1 menit pun berharga, buat nugas misalnya, atau hanya mikirin konsep tugas atau konsep acara kepanitiaan. Waktu berharga dimanapun, ga hanya di perkuliahan, termasuk dalam ibadah. Coba ditelaah, sekarang 1 menit dalam ibadah bisa bikin apa? Kita bisa ngapain dalam 1 menit? Bisa dzikir. Astaghfirullah haladzim bisa dapet 100x dalam semenit, bisa sholawat Nabi juga 50-60x an. Udah banyak ustadz yang kasih metode menelaah atau manajemen waktu dengan sebaik mungkin gini. Mungkin kitanya aja yang terlalu terlena dengan dunia, kebanyakan update sosial media, kurang update ibadah:(. Nah, dalam hidup juga bakalan ada masa dimana kita akan merasa lelah, capek, dan hampir putus asa. Kalo capek, apa yang harus dilakuin? Istirahat bentar, boleh main bentar mungkin ke cafe, mall, nonton film, tapi bentar aja jangan lupa waktu lagi:p Berdoa juga sama Allah, minta pertolongan untuk memudahkan segala urusan dunia dan akhirat kita. Jangan meng-khawtirkan hal-hal yang tidak seharusnya kita khawatirkan. Tentang rezeki, keluarga, jodoh apalagi wkwkw:p. Allah bakal jamin semua hidup kita kok, tinggal berdoa, tinggal minta. Kurang apalagi? Allah tuh Maha Baik, yang memiliki segala isi bumi dan langit. Tinggal minta aja, ikhtiar dan berdoa. Dapet deh yang kita butuhkan:'))

     Karena terlampau banyak yang curhat tentang masalah kuliah, wkwk. Jawabannya begini. Pada intinya, yaudah sih kalo Allah kasih jalan hidup kaya gini ya mau gimana lagi? Toh Allah yang Maha Tau, kita manusia gatau apa-apa. Allah tau apa yang terbaik buat semua hamba-Nya. Allah tau apa yang kita butuhkan. Bukan yang kita mau. Semua jalan yang dikasih Allah tuh udah yang terbaik. Allah tau masing-masing porsi ujian dan juga kemudahan untuk hamba-Nya. Jadi kalo dapet tugas susah, dosen killer, revisi, tinggal OKE-in aja, IYA-in aja:').
"Bil, kita tugas kebagian cari flea (kutu loncat)" - Iya-in
"Bil, kebagian materi makalah susah" - Iya
"Bil, editor ya" - Iyaa
"Bil, presentasi ya" - Iya.
"Ini revisi dulu ya, perbarui lagi" - Iya
Jawaban iya-iya bukan berarti ga punya pendirian:v. Iya adalah jawaban nerima dan belajar ikhlas. Kurang-kurangin protes dengan keadaan. Kurangin mengeluh. Toh Allah yang kasih ujian, nanti Allah juga yang bantu kita selesaiin ujian itu:'). Gaada yang perlu dikhawatirkan lagi teman-temaann.

       Jaddiiii, ayolah kita ubah mindset. Jangan khawatir berlebihan tentang semua hal, jangan dibikin stres, jangan dipikir berat. Bawa santai aja, ada tugas kerjain, selesai. Allah kan menilai proses, bukan hasil. Kalo semua kegiatan diniatkan untuk Allah insyaAllah semuanya akan berasa ringan, karena esensi kita bukan untuk dunia lagi, tapi untuk akhirat, untuk Allah. 

 Udah ya, capek w ngetiknya, capek juga mikir, waktunya nugas dulu ehehe. Semangat ya kuliahnya, semoga Allah selalu memudahkan jalan dunia-akhirat kita semua:'))))
Jangan lupa selalu jaga istighfar dan sholawat<3 font="">
Wassalamualaikum wr wb

*Ditulis saat kondisi tubuh udah niat banget buat nugas, tapi wifi kosan tidak mendukung alias macet. Lalu nulis blog daripada nganggur eheheh:p. Bye<3 font="">

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam

black converse

Dua Tahun